Pengertian hikmah

June062013
hikmah.jpg

HIKMAH makna yang terkandung dalam amalan fisik atau rahasia yang tersirat dibalik amalan fisik, atau lebih jauh maknanya mengungkap hakikat dari amalan syariat.

Syariat adalah amalan zahir, Hakikat adalah intinya. Seperti garam hakikatnya adalah air laut. Jika setiap amalan menyatu antara syariat dan hakikat akan mewujudkan hasil yang menakjubkan.

Maka, Pengertian Hikmah adalah Makna hakiki dari praktik ilmu dan amal suatu ibadah.
Rasulallah SAW menjelaskan :

"Hikmah dapat menambah (derajat) seorang terhormat dan mengangkat (derajat) seorang hamba sahaya sehingga ia dapat menduduki kedudukan raja (penguasa)". (HR. Abu Nu'aim dan Ibnu Addi)

Dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman :

"Allah menganugrahi hikmah kepada orang yang Dia kehendaki. Dan barang siapa dianugrahi hikmah itu, maka sungguh ia dianugrahi kebajikan tiada tara". (Al Baqarah : 269)

Maksudnya, bukan berarti manusia pada posisi fatalistik (sikap seseorang dalam menghadapi permasalahan dalam hidup), akan tetapi karena manusia dalam meraih hikmah perlu mengembalikan dirinya kepada Allah SWT karena sesungguhnya Allah itu ada, dengan Tawakkal yang hakiki melalui ilmu dan amal yang dilakukan oleh jasmani dan rohaninya.

Semoga bermanfaat dan sedikit memberi wawasan Anda semua tentang Hikmah hidup sesungguhnya.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

27 responses to "Pengertian hikmah"

綺麗SHINTA PUTRI PAPA on 10:24 PM, 06-Jun-13

sangat2 bermanfaat posting agamais nya pak guru...

Bathik Madrim on 10:30 PM, 06-Jun-13

Semoga apa yang aku postingkan bermanfaat untuk kita semua. Tetap iklas menjalankan hidup ini sebagaimana mustinya.

Jangn mengikuti kehendak hati demi kesenangan diri', tetapi,' jadikan diri seorang yang berbakti yang selalu menaati perintah dari Lillahi Robi.

Aryo Robeth Elmuna on 10:37 PM, 06-Jun-13

terima kasih ilmunya ki patih,semoga kita tetap berada dalam jalan Allah

elbeha on 10:38 PM, 06-Jun-13

ilmu kalau diamalkan akan muncul hikmah. Karena ilmu ibarat pohon, hikmah adlh buahnya. Oh ya follback ya mas. Thanks

Jaey McDonald on 10:40 PM, 06-Jun-13

Ya Ya, aku ngerti dikit sob, ibarat artikel 'pengertian hikmah' yang saya baca kemudian saya paham sedikit, itu artinya sobat bathik atau penulisnya mendapat hikmah.. Gitu ya sob? Hehee

Muhamad Robai Syn on 10:53 PM, 06-Jun-13

Wah sangat bermanfaat kang..
Kang bathik madrim emang selalu jozz kalo bikin posting smile

Light on 10:55 PM, 06-Jun-13

mantap sob, post nya sangat bermanfaat biggrin

Bathik Madrim on 10:56 PM, 06-Jun-13

@Jaey McDonald,
He..he... Tau aja nih mas McDonald

Bathik Madrim on 10:57 PM, 06-Jun-13

@elbeha,
Betul banget sobat El-BH.
Oh iya.. Insya Allah Follback segera meluncur

Bathik Madrim on 10:58 PM, 06-Jun-13

@Aryo Robeth Elmuna,
Sama-sama dan Amin... Amin.. Amin... Beribu ribu Amiin....

ᒋ Noval7vold ᒋ on 11:29 PM, 06-Jun-13

postingan yang sangat bermanfaat sob...

Amin m pitaloka on 11:51 PM, 06-Jun-13

Wah,baru tau nih sob,
Maklum,jaang browsing ginian
http://marendra.mywapblog.com/game-symbian-s60v2-3d.xhtml

Sinyo on 12:05 AM, 07-Jun-13

makasih ilmu'a mas

Tumenggung 666 on 12:15 AM, 07-Jun-13

busyett, berat bgt postinganmu kang biggrin

Bathik Madrim on 12:37 AM, 07-Jun-13

@Tumenggung 666,
Biar pada lempok sekalian pak De...biggrin

Puas on 02:10 AM, 07-Jun-13

Kirain ngumungin Hikmah sodarane Nurul, adine Siti kae lho.

SemaraGEDE on 03:20 AM, 07-Jun-13

Hadir meramaikan shob,
Nice post,
Salam sukses selalu yah,

ragil saputra on 06:28 AM, 07-Jun-13

Sukses buat panjenengan pak,,,,,,

Fumi on 06:43 AM, 07-Jun-13

Alhamdulilah dapat ilmu baru smile

baedowi on 06:51 AM, 07-Jun-13

ada gambar kambing gw tuh, ha ha.

Ryan Cyber Blog on 08:41 AM, 07-Jun-13

kunjungan silaturrahmi sob...

Makasih buat infonya

http://wonosarizone.mywapblog.com/symbian-themes-tapestry-full-icon-by-blu.xhtml

deva feth pein on 09:08 AM, 07-Jun-13

nyimak aja sob..

Ane lagi males kunbal

yardiantodachi on 09:21 AM, 07-Jun-13

gambarnya kok hikmah aqiqah pak apa makna yg tersirat dari gambar tersebut mas......?

ewans on 09:31 AM, 07-Jun-13

Bgus kang menambh wawasan mksh

Bathik Madrim on 10:13 AM, 07-Jun-13

@yardiantodachi,
Contohnya..'biggrin
Aku nyari gambarnya cuma dapat itu kok..?biggrin

Syecher Aswaja on 07:36 PM, 10-Oct-13

Ajiib nda..!!

sokhiv putra darussakada on 09:27 PM, 02-Aug-14

Ternya untuk menggapai hikmah saja gak gampang

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images


 
Back to top