Sejarah syeh jangkung saridin

April132013
Assalamu alaikum wahai kawan mwb semua yang di sayangi Allah.

Sebelumnya posting tentang kisah pribadi, sekarang waktunya posting tentang kisah sejarah.
Langsung saja ke to the poin ya frend


jangkung1.jpg
MENGUNGKAP SOSOK SARIDIN

Syeh Jangkung ketika Kecil Sangat Nakal SIAPA sebenarnya Saridin itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, warga Pati dan sekitarnya mungkin bisa membaca buku Babad Tanah Jawa yang hidup sekitar awal abad ke-16. Sebab, menurut cerita tutur tinular yang hingga sekarang masih diyakini kebenarannya oleh masyarakat setempat, dia disebut-sebut putra salah seorang Wali Sanga, yaitu Sunan Muria dari istri bernama Dewi Samaran.

Siapa wanita itu dan mengapa seorang bayi laki-laki bernama Saridin harus dilarung ke kali? Konon cerita tutur tinular itulah yang akhirnya menjadi pakem dan diangkat dalam cerita terpopuler grup ketoprak di Pati, Sri Kencono. Cerita babad itu menyebutkan, bayi tersebut memang bukan darah daging Sang Sunan dengan istrinya, Dewi Samaran.

Terlepas sejauh mana kebenaran cerita itu, dalam waktu perjalanan cukup panjang muncul tokoh Branjung di Desa Miyono yang menyelamatkan dan merawat bayi Saridin hingga beranjak dewasa dan mengakuinya sebagai saudaranya. Cerita pun merebak. Ketika masa mudanya, Saridin memang suka hidup mblayang (berpetualang) sampai bertemu dengan Syeh Malaya yang dia akui sebagai guru sejati.

Syeh Malaya itu tak lain adalah Sunan Kalijaga. Kembali ke Miyono, Saridin disebutkan telah menikah dengan seorang wanita yang hingga sekarang masyarakat lebih mengenal sebutan ”Mbokne (ibunya) Momok” dan dari hasil perkawinan tersebut lahir seorang anak laki- laki yang diberi nama Momok.

Sampai pada suatu ketika antara Saridin dan Branjung harus bagi waris atas satu-satunya pohon durian yang tumbuh dan sedang berbuah lebat. Bagi waris tersebut menghasilkan kesepakatan, Saridin berhak mendapatkan buah durian yang jatuh pada malam hari, dan Branjung dapat buah durian yang jatuh pada siang hari.

Kiasan

Semua itu jika dicermati hanyalah sebuah kiasan karena cerita tutur tinular itu pun melebar pada satu muara tentang ketidakjujuran Branjung terhadap ibunya Momok. Sebab, pada suatu malam Saridin memergoki sosok bayangan seekor macan sedang makan durian yang jatuh.

Dengan sigap, sosok bayangan itu berhasil dilumpuhkan menggunakan tombak. Akan tetapi, setelah tubuh binatang buas itu tergolek dalam keadaan tak bernyawa, berubah wujud menjadi sosok tubuh seseorang yang tak lain adalah Branjung.

Untuk menghindari cerita tutur tinular agar tidak vulgar, yang disebut pohon durian satu batang atau duren sauwit yang menjadi nama salah satu desa di Kecamatan Kayen, Durensawit, sebenarnya adalah ibunya Momok, tetapi oleh Branjung justru dijahili.

Terbunuhnya Branjung membuat Saridin berurusan dengan penguasa Kadipaten Pati. Adipati Pati waktu itu adalah Wasis Joyo Kusumo yang harus memberlakukan penegakan hukum dengan keputusan menghukum Saridin karena dinyatakan terbukti bersalah telah membunuh Branjung.

Meskipun dalam pembelaan Saridin berulang kali menegaskan, yang dibunuh bukan seorang manusia tetapi seekor macan, fakta yang terungkap membuktikan bahwa yang meninggal adalah Branjung akibat ditombak Saridin.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, dia harus menjalani hukuman yang telah diputuskan oleh penguasa Pati.

jangkung2.jpg

Pulang

Sebagai murid Sunan Kalijaga yang tentu mempunyai kelebihan dan didorong rasa tak bersalah, kepada penguasa Pati dia menyatakan telah punya istri dan anak. Karena itu, dia ingin pulang untuk menengok mereka.

Ulahnya Menjengkelkan Sunan Kalijaga ONTRAN - ontran Saridin di perguruan Kudus tidak hanya menjengkelkan para santri yang merasa diri senior, tetapi juga merepotkan Sunan Kudus. Sebagai murid baru dalam bidang agama, orang Miyono itu lebih pintar ketimbang para santri lain.

Belum lagi soal kemampuan dalam ilmu kasepuhan. Hal itu membuat dia harus menghadapi persoalan tersendiri di perguruan tersebut. Dan itulah dia tunjukkan ketika beradu argumentasi dengan sang guru soal air dan ikan.

Untuk menguji kewaskitaan Saridin, Sunan Kudus bertanya, “Apakah setiap air pasti ada ikannya?” Saridin dengan ringan menjawab, “Ada, Kanjeng Sunan.”

Mendengar jawaban itu, sang guru memerintah seorang murid memetik buah kelapa dari pohon di halaman. Buah kelapa itu dipecah. Ternyata kebenaran jawaban Saridin terbukti. Dalam buah kelapa itu memang ada sejumlah ikan. Karena itulah Sunan Kudus atau Djafar Sodiq sebagai guru tersenyum simpul.

Akan tetapi murid lain menganggap Saridin lancang dan pamer kepintaran. Karena itu lain hari, ketika bertugas mengisi bak mandi dan tempat wudu, para santri mengerjai dia. Para santri mempergunakan semua ember untuk mengambil air.

Saridin tidak enak hati. Karena ketika para santri yang mendapat giliran mengisi bak air, termasuk dia, sibuk bertugas, dia menganggur karena tak kebagian ember. Dia meminjam ember kepada seorang santri.

Namun apa jawab santri itu? ”Kalau mau bekerja, itu kan ada keranjang.” Dasar Saridin. Keranjang itu dia ambil untuk mengangkut air. Dalam waktu sekejap bak mandi dan tempat wudu itu penuh air. Santri lain pun hanya bengong.

Dalam WC

Cerita soal kejadian itu dalam sekejap sudah diterima Sunan Kudus. Demi menjaga kewibawaan dan keberlangsungan belajar para santri, sang guru menganggap dia salah. Dia pun sepantasnya dihukum.

Sunan Kudus pun meminta Saridin meninggalkan perguruan Kudus dan tak boleh lagi menginjakkan kaki di bumi Kudus. Vonis itu membuat Saridin kembali berulah. Dia unjuk kebolehan.

Tak tanggung-tanggung, dia masuk ke lubang WC dan berdiam diri di atas tumpukan ninja. Pagi-pagi ketika ada seorang wanita di lingkungan perguruan buang hajat, Saridin berulah. Dia memainkan bunga kantil, yang dia bawa masuk ke lubang WC, ke bagian paling pribadi wanita itu.

Karena terkejut, perempuan itu menjerit. Jeritan itu hingga menggegerkan perguruan. Setelah sumber permasalahan dicari, ternyata itu ulah Saridin. Begitu keluar dari lubang WC, dia dikeroyok para santri yang tak menyukainya. Dia berupaya menyelamatkan diri. Namun para santri menguber ke mana pun dia bersembunyi.

Lagi-lagi dia menjadi buronan. Selagi berkeluh kesah, menyesali diri, dia bertemu kembali dengan sang guru sejati, Syekh Malaya.

Sang guru menyatakan Saridin terlalu jumawa dan pamer kelebihan. Untuk menebus kesalahan dan membersihkan diri dari sifat itu, dia harus bertapa mengambang atau mengapung) di Laut Jawa.

Padahal, dia tak bisa berenang. Syekh Malaya pun berlaku bijak. Dua buah kelapa dia ikat sebagai alat bantu untuk menopang tubuh Saridin agar tak tenggelam.

Dalam cerita tutur-tinular disebutkan, setelah berhari-hari bertapa di laut dan hanyut terbawa ombak akhirnya dia terdampar di Palembang. Cerita tidak berhenti di situ. Karena, dalam petualangan berikutnya, Saridin disebut-sebut sampai ke Timur Tengah.

Lulang Kebo Landoh Tak Tembus Senjata ATAS jasanya menumpas agul-agul siluman Alas Roban, Saridin mendapat hadiah dari penguasa Mataram, Sultan Agung, untuk mempersunting kakak perempuannya, Retno Jinoli.

Akan tetapi, wanita itu menyandang derita sebagai bahu lawean. Maksudnya, lelaki yang menjadikannya sebagai istri setelah berhubungan badan pasti meninggal.

Dia harus berhadapan dengan siluman ular Alas Roban yang merasuk ke dalam diri Retno Jinoli. Wanita trah Keraton Mataram itu resmi menjadi istri sah Saridin dan diboyong ke Miyono berkumpul dengan ibunya, Momok.

Saridin membuka perguruan di Miyono yang dalam waktu relatif singkat tersebar luas sampai di Kudus dan sekitarnya. Kendati demikian, Saridin bersama anak lelakinya, Momok, beserta murid-muridnya, tetap bercocok tanam.

Sebagai tenaga bantu untuk membajak sawah, Momok minta dibelikan seekor kerbau milik seorang warga Dukuh Landoh. Meski kerbau itu boleh dibilang tidak lagi muda umurnya, tenaganya sangat diperlukan sehingga hampir tak pernah berhenti dipekerjakan di sawah.

Mungkin karena terlalu diforsir tenaganya, suatu hari kerbau itu jatuh tersungkur dan orang-orang yang melihatnya menganggap hewan piaraan itu sudah mati. Namun saat dirawat Saridin, kerbau itu bugar kembali seperti sedia kala.

Membagi

Dalam peristiwa tersebut, masalah bangkit dan tegarnya kembali kerbau Landoh yang sudah mati itu konon karena Saridin telah memberikan sebagian umurnya kepada binatang tersebut. Dengan demikian, bila suatu saat Saridin yang bergelar Syeh Jangkung meninggal, kerbau itu juga mati.

Hingga usia Saridin uzur, kerbau itu masih tetap kuat untuk membajak di sawah. Ketika Syeh Jangkung dipanggil menghadap Yang Kuasa, kerbau tersebut harus disembelih. Yang aneh, meski sudah dapat dirobohkan dan pisau tajam digunakan menggorok lehernya, ternyata tidak mempan.

Bahkan, kerbau itu bisa kembali berdiri. Kejadian aneh itu membuat Momok memberikan senjata peninggalan Branjung. Dengan senjata itu, leher kerbau itu bisa dipotong, kemudian dagingnya diberikan kepada para pelayat.

Kebiasan membagi-bagi daging kerbau kepada para pelayat untuk daerah Pati selatan, termasuk Kayen, dan sekitarnya hingga 1970 memang masih terjadi. Lama-kelamaan kebiasaan keluarga orang yang meninggal dengan menyembelih kerbau hilang.

Kembali ke kerbau Landoh yang telah disembelih saat Syeh Jangkung meninggal. Lulang (kulit) binatang itu dibagi-bagikan pula kepada warga. Entah siapa yang mulai meyakini, kulit kerbau itu tidak dimasak tapi disimpan sebagai piandel.

Barangsiapa memiliki lulang kerbau Landoh, konon orang tersebut tidak mempan dibacok senjata tajam. Jika kulit kerbau itu masih lengkap dengan bulunya. Keyakinan itu barangkali timbul bermula ketika kerbau Landoh disembelih, ternyata tidak bisa putus lehernya

Semoga postingan ini bisa di ambil hikmah dan sejarah tempo dulu buat di kenang sepanjang mas oleh semua pembaca pengunjung blog kesayangn kita ini.

Akhir kata saya ucapkan

Wassalamu alaikum..

like.gif

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

86 responses to "Sejarah syeh jangkung saridin"

kiki sulaiman on 12:10 AM, 25-Feb-13

nice post gan...smile di tunggu kunbal nyaa!

Distro Bagus on 12:20 AM, 25-Feb-13

Kunjungan menuju pagi gan, sambil patroli.
_______________________
Jangan lupa mampir gan, ada model baru.
Lets goooooo
_______________________
http://www.distrobagus.com/celana-panjang-denim-setrret-hitam-pekat.xhtml

Amac Mimac on 09:14 AM, 13-Apr-13

Siiip, artikel yg bagus sob...smile
Ditunggu kisah sejarah yg lain terutama kisah para wali..smile

MRoby on 09:19 AM, 13-Apr-13

Absen Pagi Patih.

The Kancut Kidz on 09:53 AM, 13-Apr-13

Alhamdulillah,,,,dapet tempat yang "agak" di atas ni min komen saya.
Aniwei,,,,,syeh jangkung ternyata dari Pati ya min ?

Edy setiawan on 10:14 AM, 13-Apr-13

wah hebat juga ya si saridin itu.

Amin marendra on 10:16 AM, 13-Apr-13

Mangstap gan,,
Ditunggu kunbalnya

daus on 10:51 AM, 13-Apr-13

artikel bagus sob,

http://dausgrentongers.heck.in/trik-internet-gratis-xl-tanpa-paket-11-a.xhtml

Nurul Huda on 10:54 AM, 13-Apr-13

Mantap Sob...

SubhanaLLOh...
Itu namanya '' KHORIQUL 'ADAH '' adalah sebuah kebiasa'an Para wali yang di cintai Alloh

yg tidak di miliki oleh kita layaknya manusia biasa biggrin

Kunbalo nang Gonku Soob...

Hahahaha

Rahmad Triaji on 10:57 AM, 13-Apr-13

ceritanya mantab bnget pak. . cheesy-grin

Rahmad Triaji on 10:57 AM, 13-Apr-13

ceritanya mantab bnget pak. . cheesy-grin

Bathik Madrim on 11:03 AM, 13-Apr-13

@Amac Mimac,
Ha..ha.. Cerita paling aku suka mas boss. Jika dengar sejarang ketopraknya di jamin akan sadar akan arti hidup ini sesungguhnya. Sisaridin orang yang taat patuh pada Allah dan menerima hidup apa yang dijalaninya

Bathik Madrim on 11:04 AM, 13-Apr-13

@MRoby,
Sipz

yardiantodachi on 11:08 AM, 13-Apr-13

wah ternyata mas jago sejarah juga ya, saya suka mas ,saya tunggu sejarah berikut nya mas

Bathik Madrim on 11:08 AM, 13-Apr-13

@The Kancut Kidz,
He..he... Iya mas boss. Saridin/syeh jangkung memeng berasal dari pati dan aslinya dari desa ngiyana kec. Kayan kab. Pati tepatnya

Bathik Madrim on 11:08 AM, 13-Apr-13

@Edy setiawan,
Sakti memang mas Edy

Bathik Madrim on 11:13 AM, 13-Apr-13

@Amin marendra,
Insya Allah mas boss

Bathik Madrim on 11:15 AM, 13-Apr-13

@Nurul Huda,
Iyo boss

Bathik Madrim on 11:15 AM, 13-Apr-13

@Rahmad Triaji,
Oke..biggrin

fabiofa on 11:40 AM, 13-Apr-13

oh jd sejarahnya gtnice mantap kwan wink smile kunbal wink

http://fabiofa.faa.im/kumpulan-opera-mini-7-0-and-7-1-modif.xhtml

SemaraGEDE on 11:51 AM, 13-Apr-13

Kunjungan siang shob,
Wah post'a kyent,
Semoga semakin jaya Blog N Admin'a,
Kalo ada waktu mampir ea ke Gubuk saia,

KELIK AJJA PERSONAL BLOG on 12:02 PM, 13-Apr-13

ijin bca dulu sjrah.x mas itung2x nmbah wawasn.

jgn lupa knjungan blik dan folbeck.x klo blum...

http://kelik_ajza.heck.in/tutorial-cara-membuat-banner-backlink-bl.xhtml

Bathik Madrim on 12:03 PM, 13-Apr-13

@fabiofa,
Oyes

Bathik Madrim on 12:04 PM, 13-Apr-13

@SemaraGEDE,
Iya mas boss. Terimakasih untuk kunjunganya

Bathik Madrim on 12:05 PM, 13-Apr-13

@KELIK AJJA PERSONAL BLOG,
Silakan mas boss..' selalu kunbal pokoknya

nurfitriani on 12:08 PM, 13-Apr-13

kunjungan siang sob,

ditunggu kunbal'a y

Heryloyal on 12:18 PM, 13-Apr-13

Wah Mksh Sob info nya mantap

Heryloyal on 12:19 PM, 13-Apr-13

Wah Mksh Sob info nya mantap

Vhari Selalu Berbagi on 12:25 PM, 13-Apr-13

wa'alaikumsalam.
Klo bercerita tenah babad tanah jawa memng sllu mnarik kang,,, tpi bnyk yg blm dknl msyarkt,,,
Perbanyk artikel sprti ini kang,, smile


http://unikcopas.blogspot.com

Arman namikaze on 12:26 PM, 13-Apr-13

bantuan kunbal sudah datang gan isi absen hadir saja
#kunbal ane secepat kilat kan sob cheesy-grin

yudi rompacter on 12:33 PM, 13-Apr-13

Mantap Sob... (SPAM) biggrin biggrin

arrow http://yudi-rompacter.mywapblog.com/rangkuman-trick-gretongan-127-update-11.xhtml

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx on 12:33 PM, 13-Apr-13

smilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmile
aku punya MP3nya skarang tinggal baca sejarahnya langung dari Agan.mksh smilesmilesmile.Ditunggu kehadirannya & kunjungan baliknya ya

http://serpihanfb.mywapblog.com/kisah-nyata-semakin-kaya-sejak-dekat-ana.xhtml

http://serpihanfb.mywapblog.com/dikencani-genderuwo-belang-penghuni-sumu.xhtml

Suhendi kenzi on 12:33 PM, 13-Apr-13

berkunjung siang aja sob,

Zetsu on 12:47 PM, 13-Apr-13

Hadir mengikuti undanganmu sob,,suxcez sllo bwt admin ma blognya

Mobile Master Games on 12:59 PM, 13-Apr-13

Hadir master... biggrin

Mau liat2 dlu mrgreen

Klau kamu blogger yang baik, pasti saya di kunbal kan.... cry

Bathik Madrim on 01:04 PM, 13-Apr-13

@Heryloyal,
Sama sama mas boss

Bathik Madrim on 01:05 PM, 13-Apr-13

@Vhari Selalu Berbagi,
Laksanakanbiggrin

Bathik Madrim on 01:06 PM, 13-Apr-13

@Arman namikaze,
Jozzz kayak angin

Bathik Madrim on 01:07 PM, 13-Apr-13

@Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx,
Sama mas boss. Aku juga punya ceritanya awal sampai akhir

Bathik Madrim on 01:09 PM, 13-Apr-13

@Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx,
Sama mas boss. Aku juga punya ceritanya awal sampai akhir

Bathik Madrim on 01:11 PM, 13-Apr-13

@Suhendi kenzi,
Oke boss

deva peth pein on 01:12 PM, 13-Apr-13

ane ga mudeng sama sejarah nih gan sad

Bathik Madrim on 01:13 PM, 13-Apr-13

@Zetsu,
Sipz terimakasih mas boss

Bathik Madrim on 01:14 PM, 13-Apr-13

@Mobile Master Games,
Oh Tentu Pak de...biggrin

ani wijayati on 01:14 PM, 13-Apr-13

kurang tau tentang itu bang ..
,
bang ane minta tolong nih. Ane ada tugas sekolah suruh buat drama,
bisa gak neh ane request drama biggrin pemerannya 5 orang, narator 1 orang,
bantu ane bang biggrin
makasihh smile

Bathik Madrim on 01:16 PM, 13-Apr-13

@ani wijayati,
Temanya kira-kira apa ya..

ani wijayati on 01:27 PM, 13-Apr-13

seterah aja biggrin
yang lebih unik bang, hehehe biggrin
#maaf merepotkan bang

RøcK3Rz on 01:35 PM, 13-Apr-13

Sejarah kayak gini yang perlu diperkenalkan untuk generasi skarang nice post gan..

http://cadas.heck.in/download-mp3-x-factor-indonesia-gala-liv-2.xhtml

Riyan on 01:36 PM, 13-Apr-13

Datang berkunjung gan, ditunggu kunbalnya ke blog ane.

Andry@symbian java on 01:39 PM, 13-Apr-13

hadir kunbal sob.. Nice post..smile

asepirfan on 01:40 PM, 13-Apr-13

kunjungan balik sob,mksh udah mampir ke blog ku,sukses selalu blog nya OK

Rahmat Diyan on 01:42 PM, 13-Apr-13

Kunjungan Siang Sobatrolleyes
Blog Sobat Emang Paling Muantapcheesy-grin

Kunbal Ditunggu Sobattwisted
http://rahmatdiyan.heck.in/trik-internet-gratis-axis-april-2013.xhtml

Bathik Madrim on 01:58 PM, 13-Apr-13

@ani wijayati,
Ha...ha... Ndak bisa aku

Bathik Madrim on 01:59 PM, 13-Apr-13

@RøcK3Rz,
biggrinbiggrinbiggrin

Sudar tergusur sama sipuddin mas boss

Bathik Madrim on 02:00 PM, 13-Apr-13

@Riyan,
Oke mas boss. Trimakasih kunjunganya

Bathik Madrim on 02:00 PM, 13-Apr-13

@Andry@symbian java,
Trimakasih mas boss

Bathik Madrim on 02:01 PM, 13-Apr-13

@asepirfan,
Sipz. Makasih banyak boss atas kunjunganya

Bathik Madrim on 02:03 PM, 13-Apr-13

@Rahmat Diyan,
Pujianya ketinggian mas boss??

saniVers on 02:05 PM, 13-Apr-13

ijin save page

http://sanivers.mywapblog.com/heroes-lore-zero-en-cheatnya.xhtml

aji pamungkas on 02:09 PM, 13-Apr-13

Sejarah yg penuh kesan nih ,,

ani wijayati on 02:14 PM, 13-Apr-13

makasihh biggrin

ani wijayati on 02:14 PM, 13-Apr-13

makasihh biggrin

Alan on 02:17 PM, 13-Apr-13

mantap gan...

Samsuel Saga on 02:40 PM, 13-Apr-13

waw kayak dongeng aja
nice posting gan
oh ya blog agan berat bgt,loadingnya aja 338kb

Lanjutkan Membaca on 02:42 PM, 13-Apr-13

Wah ni favorit ane ni cerita..

Dah koleksi cd nya ...

Salam santun...

Lanjutkan Membaca on 02:42 PM, 13-Apr-13

Wah ni favorit ane ni cerita..

Dah koleksi cd nya ...

Salam santun...

RiezZtanto on 03:05 PM, 13-Apr-13

Subhanallah..

kidzib on 03:25 PM, 13-Apr-13

Hebat ni cerita

Intan Baiduri on 03:40 PM, 13-Apr-13

Assalamu'alaikum wr wb

kunjungan silaturahmi

mantap info'asmile
mv ea mas patih,tan ru hdir lg

Fairus Newbie dari MBP on 03:48 PM, 13-Apr-13

hadir berkunjung balik gan, ,
seru critanya. . . , .

Widiarko Adis on 03:50 PM, 13-Apr-13

ASSALAMUALAIKUM

Kunjungan Siang Menjelang Sore Sob..
wuih postinganya mantapnih..
Ijin baca2 yA Sob..

WASSALAMUALAIKUM

Jaey McDonald on 04:02 PM, 13-Apr-13

Ane save jja sob, buat di baca'' ofline, thanks ya

rifky182 on 04:32 PM, 13-Apr-13

post sobat bener" keren deh, ngga nyesel saya jalan" di blog sobat..

Ada post baru diblog q jangan lupa kunbal ya ...
http://rifky182.heck.in/tingkatkan-rank-alexa-dengan-alexaboostu.xhtml

Seiver Dul Almasy on 04:44 PM, 13-Apr-13

Weeh Butuh Perjuangn Untuk Masuk Menu Comment Dengan Jaringan Lemot Gua + Blog Yang Loading Mpe 100an KB wuuuh Akhirnya Bisa Juga,, Kunjungan Sore Neh Sob Tq Dah Mampir Di di t4 Guabiggrin

Sarigon on 05:12 PM, 13-Apr-13

Semuanya panjang ..dr cerita ampe koment sampe lupa mau komen apa sobrolleyes tapi mksh share.x http://www.sarigon.tk/download-lagu-aku-lupa-aku-luka-mp3-koil.xhtml

Bathik Madrim on 05:32 PM, 13-Apr-13

@Sarigon,
Wkwkwkwwk...hadeh

Bathik Madrim on 05:33 PM, 13-Apr-13

@Seiver Dul Almasy,
Sama sama mas boss. Terimakasih atas perjuanganya

Bathik Madrim on 05:34 PM, 13-Apr-13

@kidzib,
TOP

Saigawa on 05:58 PM, 13-Apr-13

follow sukses lw berkenan follback ea

irwansyah on 12:29 AM, 14-Apr-13

cerita'a seru sob,di tunggu cerita berikut'a.trims

jolodong on 10:03 AM, 08-Jun-13

sip mas brow... cocok lah critane, kbetulan aq lahir besar di landoh kayen pati jateng.tempat leluhurku saridin.

rudiharyadi on 05:05 PM, 17-Jun-13

Sejarah bisa membuat kita tahu diri sehingga bisa memposisikan diri dimanapun kita berada.<br />
<br />
nice ...matur suwun

sukoco on 03:34 PM, 10-Jul-13

klo ini banyak benarnya...yang aku heran sejarah eyang djugo...kok ahmad zakaria.....padahal tahun 1965 beliau masih mempunyai siswa.dan beliau tidak ada sangkut pautnya diponegoro...klo sama walisongo dan majapahit mungkin.

tajidistankanhut banjarbaru @gmail.com on 10:58 AM, 18-Jul-13

Sangat masuk akal jika oeang yang bersungguh sungguh punya keyakinan kuat dan bimbingan mursyd yang baik akan mendapatkan tempat yang tinggi dan dilebihkan dari manusia awam umumnya sebagai bukti kekuasaan Alloh SWT

Arman on 08:49 PM, 20-Sep-13

Kw fto ne asli tnan ora yo?mlu no 87 dab.

Cah Pinggan on 04:06 AM, 05-Jul-14

ceritone ondorante duwe gak pak....????

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images


 
Back to top